Pages

Subscribe:

Kamis, 30 Agustus 2012

Bersatulah Suporter Indonesia !

Seperti yang kita ketahui, suporter Indonesia adalah suporter ketiga terfanatik di dunia dibawah Brazil dan Jerman. Ya, ketika Timnas Indonesia bermain, isi stadion pasti ramai dengan sorakan, tarian dan yel-yel suporter. Suporter bersatu untuk mendukung Timnas Indonesia. Tentu hal itu positif bagi sepak bola Indonesia. Tapi sayang ketika sudah lepas dari Timnas, suporter tersebut kembali ke asalnya masing-masing. Lalu apa masalahnya ? pasti orang bertanya-tanya mengenai hal ini. Apalagi orang yang awam dengan sepak bola Indonesia.

Sebenarnya kondisi suporter di Indonesia sedang dalam kondisi perpecahan. Banyak kelompok suporter Indonesia belum berfikir secara dewasa. Seperti ketika terjadi perkelahian antar suporter, banyak hal yang merugikan diperoleh dari hal tersebut. Tim akan terkena sanksi dan yang paling parah adalah menimbulkan korban jiwa sehingga banyak orang takut untuk datang ke stadion. Apalagi ketika menyanyikan lagu yang isinya mengumpat suporter lain dengan kata-kata kotor. Hal tersebut bukan membuat para pemain tambah bersemangat, tapi justru akan menggangu konsentrasinya. Orang tuapun juga enggan membawa anaknya ke stadion jika isi lagu tersebut hanya untuk mengumpat saja. Padahal tujuan utama suporter adalah menambah semangat tim yang dibelanya.

Dan patut disayangkan lagi, suporter yang berselisih justru basis suporter besar di Indonesia. Seperti perselisihan Bonex dengan Aremania dan Pasoepati serta The Jack dengan Viking. Padahal lima suporter tersebut adalah lima suporter besar di Indonesia. Seharusnya mereka dapat memberi contoh kepada suporter lain. Walaupun dari pihak tim sudah melakukan banyak cara untuk menyatukan para suporter, tapi tidak mendapatkan hasil sama sekali. Entah harus dengan cara apa lagi.

Mari bung kita berpikir dewasa, berpikir untuk kedepan, bukankah indah jika kita dapat duduk berdampingan. Bukankah kita akan lebih kuat jika kita bersatu. Jadikan suporter Indonesia menjadi suporter terbaik di dunia. Demi kebaikkan kita bersama, demi kebaikkan Indonesia. Indonesia akan bangga dengan suporter yang bersatu.

SALAM UNTUK SELURUH SUPORTER INDONESIA

0 comments:

Posting Komentar