Pages

Subscribe:

Jumat, 05 Juni 2015

Memotivasi Diri Sendiri

Bagaimana Memotivasi Diri Sendiri Ala Muhammad Imam Fathoni

Sekarang ini banyak bermunculan bisnis motivasi di Indonesia. Tujuannya tak lain adalah untuk memotivasi tentunya. Banyak motivator-motivator hebat seperti Tung Desem Waringin, Andrie Wongso, James Gwee, dan masih banyak lagi yang dibayar mahal hanya untuk membangkitkan gairah hidup kita dengan motivasi-motivasinya. Memang biasanya untuk mengikuti seminar motivasi perlu investasi yang cukup menguras kantong, tapi ternyata masih banyak juga orang yang membutuhkan motivasi. Bahkan sampai berjuta-jutapun rela dikeluarkan hanya untuk yang satu ini. Dan pada umumnya hasil yang didapat setelah melakukan seminar motivasi adalah BOOOMMM !!!1 mereka akan bersemangat, bergairah, dan LUARR BIASAA. Orang-orang seperti mendapatkan energi baru untuk menjalani kehidupannya. JOOOSSS bukan ????

Tapi biasanya semangat itu cuma bertahan tidak sampai satu minggu. Bahkan terkedang tiga hari saja tidak sampai, baterai energi dan semangat tadi menunjukkan tanda low bat. Lha terus bagaimana ??? HARUS DI CHARGE LAGI !!!  Berati kluar duit lagi dong ??? Tenang, sebenarnya ada cara untuk mengisi semangat kita lagi tanpa perlu mengikuti seminar motivasi. Cara ini tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, karena cara ini adalah dengan memotivasi diri kita sendiri.  Pengin tau caranya ???? Come on !!!

Cara-cara berikut ini adalah cara original ciptaan saya sendiri, dan apabila ada kesamaan itu bukan merupakan kesengajaan. Check it out !

Pada dasarnya semangat kita dipengaruhi oleh mood kita. Dan mood kita dipengaruhi oleh keadaan kita pada saat itu. Hari ini mungkin kita bisa sangat bersemangat, tapi besoknya mungkin bisa juga sangt loyo. Hal itu pasti dialami hampir setiap orang. Ya hal itu dipengaruhi oleh kondisi disekitar kita. Kondisi mood tidak stabil seperti itu pada akhirnya mempengaruhi kinerja dan produktivitas kita. Terus bagaimana agar mood kita tetap terjaga dalam kondisi prima terus. Pertama yang harus dilakukan adalah kita harus membuat tubuh kita mendukung emosi kita. Maksudnya bagaimana ? Maksudnya tubuh kita harus kita posisikan dalam keadaan prima. Semisal contoh, dalam keadaan sedih, pada umumnya orang akan cemberut dan menundukkan kepalanya. Sekarang kita ubah, dalam keadaan sedih coba kita angkat kepala kita lalu tersenyum. Bagaimana efeknya ? LUARRR BIASAAA. Kesedihan yang awalnya kita rasakan, akan berkurang sangat drastis hanya dengan memposisikan tubuh kita menjadi posisi semangat. Contoh lain adalah ketika kita dalam keadaan sangat sangat sangat marah. Muka kita memerah dan rasanya ingin menghancuarkan apa yang ada di sekitar kita. Kita ubah kondisi itu dengan mengangkat muka kita dan senyum lebar-lebar. Seketika itu juga kemarahan kita dapat terkontrol dan orang disekitar kita pastinya juga tidak jadi takut. Silakan dicoba sendiri-sendiri, anda akan meraskan perubahan dalam diri anda.  Walaupun mungkin pada awalnya perlu sedikit dipaksakan, tapi apabila sudah terbiasa anda akan dapat mengontorl mood anda menjadi selalu dalam keadaan prima.

Ketika kita sudah membuat tubuh kita dalam keadaan prima, tentunya kita harus melangkah ke step selanjutnya. Kita harus bisa membiuat diri kita TAKE ACTION. Hal ini biasanya yang menjadi problem bagi setiap orang, walaupun sudah ikut semninar motivasi berkali-kali tapi tetap saja sulit untuk dilakukan. Paling action itu bisa dilakukan maksimal satu minggu setelah mengiktui seminar, setelah itu DOORRR pecah lagi semangatnya. Lalu bagaimana agar kita harus senantiasa bisa TAKE ACTION. Yang pertama yang perlu diperhatikan adalah selalu mengingat ingat tujuan kita. We have to know what is our purpose in our life. And when we have decided that, we have to reach that. Jadi intinya adalah dalam kehidupan in, kita harus memiliki tujuan hidup kita terlebih dahulu. Kita harus tau jalan mana yang kita pilih untuk melangkah. Karena setiap orang memiliki jalan hidupnya masing masing.  Seperti contoh si Budi bercita-cita ingin menjdai dokter, si Ani bercita cita menjadi Manajer, si Rusli bercita cita cita ingin menjadi pengusaha, dan si Betty yang memiliki cita cita menjadi kaya. Semua itu ada jalannya... Pada umumnya semakin tinggi cita-cita kita, akan semakai panjang pula jalan kita untuk meraihnya. Dan biasanya jalan yang panjang inilah yang tidak ingin dilalui oleh semua orang.  Padahal untuk mencapai tujuan kita teresebut hanya ada dua pilihan, lewati jalan itu atau berhenti di  tengah jalan.  Untuk menentukan pilihan ini kita harus senantiasa berpikir apa yang saya dapatkan jika saya bisa mencapai ke ujung jalan sana.  Dan apa yang akan terjadi jika saya berhenti di tengah jalan. Kita harus benar-benar matang memikirkan itu. Kita harus selalu memikirkan hal yang terbaik untuk bisa mencapai tujuan kita. Dan hal yang terburuk ketika kita tidak bisa meraihnya. Semisal ketika sesorang bercita cita menjadi seorang dokter, ia harus berfikir yang terbaik dan yang terburuk. Ia harus berfikir ketika ia bisa menjadi seorang dokter, maka kehidupannya akan jauh lebih baik, ia akan dapat bermanfaat bagi keluarga atau kerabatnya yang membutuhkannya, ia kan membuka peluang untuk mencapai cita cita yang lebih tinggi, dan tentunya masih banyak lagi. Dan ia juga harus berfikir ketika ia tidak bisa menjadi dokter, maka sia-sia uang yang begitu banyak yang telah dikeluarkan, ia akan menambah beban keluarga, ia akan pengangguran dan memperkecil jalan untuk mencapai cita-cita lainnya, dan segala keburukan lainnya. Kita harus membayangkan jika hal tersebut akanlah menyakitakan jika sampai terjadi. Kita harus selalu mengingat itu dimanapun kita berada.  Jadi yang pertama harus kita lakukan untuk selalu bersemangat dalam mengejar cita-cita kita adalah dengan mengingat terbaik yang akan kita dapatkan dan terburuk apabila kita gagal.  Selalu ingat itu.

Selanjutnya untuk memotivasi diri kita adalah dengan meningkatkan kepercayaan diri kita. Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor penting untuk kita selalu TAKE ACTION. Kenapa ? coba kita lihat, orang yang memiliki keprecayaan diri tinggi cenderung akan melakukan apapun yang diinginkannya tanpa takut tentang apa yang akan dikatakan orang lain. Karena apa ? Karena ia merasa percaya apa yang dia kerjakan. Dalam percaya diri kita harus berpatokan bahwa segala sesuatu yang dinilai benar, maka halal untuk dikerjakan. Walaupun menurut orang lain hal tersebut adalah hal yang aneh ataupun memalukan, tapi asal hal itu masih bernilai benar maka sah untuk dilakukan. Kebanyakan orang merasa tidak percaya diri  karena belum pernah melakuaknnya  sebelumnya. Padahal jika kita tidak pernah mencoba, maka kita juga tidak akan pernah bisa bukan ? Selalu ingat prinsip akibat terbaik ketika kita berhasil, dan akibat terburuk ketika kita gagal di atas.  Itulah tujuan anda. HARGA MATI. Anda harus mendapatkannya. Maka lakukan saja apa yang kita anggap benar dan bermanfaat. Tatap lurus kedapan, jangan terpengaruh oleh hal-hal yang dapat menghambat jalan kita. Untuk membuat kepercayaan diri kita, kita dapat menggunakan jurus yang pertama yaitu membuat tubuh kita prima. Orang akan terlihat percaya diri jika posisi tubuhnya juga mendukungnya. Orang percaya diri pasti selalu tegak, memiliki langkah pasti dan wajah selalu memandang ke depan. Karena bahasa tubuh tidak akan pernah berbohong.

Selain karena belum pernah mencoba sebelumnya, hal yang sering membuat kita merasa tidak percaya diri adalah malu. Malu merupakan lawan dari percaya diri. Oleh karena itu, sebisa mungkin harus disingkirkan rasa malu itu. Kita seringkali melakukan kesalahan dalam melakukan sesuatu atau melakukan hal yang sangat memalukan. Dan karena kejadian tersebut kita sering kapok untuk melakukannya lagi. Tapi itu adalah langkah yang salah... Selalu tetaplah percaya diri walaupun sebenarnya anda malu. Tanamkanlah pikiran anda saat kita sudah melakukan hal memalukan saat itu maka kita tidak akan pernah melakukannya lagi besok, itu adalah pembelajaran bagi kita. Buat rasa malu tersebut menjadi dorongan bagi kita kalau kita bisa melakukannya lagi lebih baik. Buat rasa malu itu sebagai evaluasi apa yang salah dari yang telah kita lakukan. Setelah kita evaluasi, kita tau bagaimana kita harus bersikap dan TAKE ACTION LAGI. Kita harus mencoba lagi. Pada kesan orang terhadap kita ketika kita melakukan hal yang memalukan adalah mengangap diri kita sebagai orang yang bodoh, tetapi jika kita bisa membuat sesuatu yang memalukan tadi menjadi lebih baik dan secara kontinu, maka orang orang akan memandang kita sebagai orang yang luar biasa.  Tentu kita ingin dipandang sebagai orang yang luar biasa. Maka perbaikilah hal yang memalukan itu dengan memperbaikinya lagi dan lagi dan tentunya disertai kepercayaan diri yang tinggi.

Ketika kita sudah percaya diri dan tau bagaimana efek keberhasilan maupun kegagalan cita-cita kita, langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah dengan tau bagaimana caranya. Hal ini amat sangatlah penting untuk meningkatkan motivasi diri kita. Ketika kita sudah tau manis pahitnya efek yang ditimbulkan dari cita-cita kita, tanpa kita tau jalan untuk mencapainya maka kita tidak memiliki dorongan untuk segera bertindak. Kita bingung harus melangkah bagaimana, apakah kita harus melakukan A dulu atau B dulu. Ketika kita menentukan tujuan kita, kita juga harus menyusun step stepnya. Dimana setiap step ini adalah kewajiban kita untuk meraihnya, dan merupakan hal yang harus didapatkan. Apabila tidak selalu ingat kesakitan yang akan kita rasakan ketika kita gagal mencapai tujuan kita. Dengan kita tau step-step untuk meraih tujuan kita, maka kita akan  lebih mudah dalam mengatur apa yang akan kita lakukakn setelah ini. Kita akan bisa membuat timeline hidup kita. Jadikan timeline itu sebagi pemacu diri kita melakukan yang terbaik dan selalu tepat sasaran. Selalu pikirkan ketika gagal melakukan salah satu dari timeline kita, maka presentase keberhasilan kita sudah berkurang sekian persen. Buatlah hal tersebut sebagai pemacu diri kita untuk selalu bersemangat.


Tips tips diatas adalah sedikit dari saya tentang bagaimana memotivasi diri kita sendiri. Tentunya masih banyak lagi yang bisa dilakukan untuk memotivasi diri kita sendiri. Tips diatas hanya merupakan apa yang saya lakukan ketika memotivasi diri saya sendiri. Semoga dapat bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar