Pages

Subscribe:

Selasa, 08 September 2015

Membina Hubungan Dengan Orang Lain Melalui Gestur Tubuh dan Ucapan Yang Menarik

Sumber gambar : www.publicwords.com

Halo kawan kawanku yang LUARRR BIASAA. Masih semangatkah hari ini ???? Jika tidak berarti anda perlu diberi suplemen untuk meningkatkan semangat anda. Tidak perlu mahal-mahal untuk membeli suplemen peningkat semangat, tinggal simak artikel artikel saya di iyoungmotivator.blogspot.com, seketika semangat anda akan membara setelah membaca artikel dari saya.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang getur tubuh dan cara bicara kita agar dapat menarik perhatian orang lain. Dimana kedua hal ini terlihat sepele di mata semua orang, namun sebenarnya kedua faktor ini adalah dasar untuk membentuk suatu hubungan yang berkualitas dan saling menguntungkan bagi setiap orang. Pengin tau tips-tipsnya menggunakan gestur tubuh dan cara bicara yang dapat menarik bagi orang lain ala Muhammad Imam Fathoni ? silakan baca sampai selesai.

Saat kita berhadapan dengan orang lain, sering kali kita tidak memperhatikan apa yang namanya gestur tubuh dan cara berbicara. Mungkin kita selalu melakukannya, tapi kadang gestur yang kita lakukan hanyalah biasa biasa saja bahkan justru dapat menyinggung orang yang berhadapan dengan kita. Yang ingin saya sampaikan disini adalah bagaimana gestur tubuh kita dapat semenarik mungkin sehingga orang lain akan tertarik dengan kita. Gestur yang menarik disini tentu bukan gestur yang berlebihan seperti kita harus meloncat loncat, menari, kejang-kejang, atau hal yang berlebihan lainnya. Namun gestur yang akan dibahas disini adalah gerakan ringan yang dilakukan saat berhadapan dengan orang lain yang dapat membuat orang lain tertarik dan betah dengan keberadaan kita.

Begitupun juga dalam hal cara berbicara, kita harus pintar pintar dalam menggunaka bahasa, memilih kata dan dalam berintonasi saat berhadapan dengan orang lain. Jangan sampai sekali kali gaya bahasa kita justru membuat orang lain tidak suka dengan kita. Karena alat komunikasi utama adalah melalui mulut kita.

Mari kita bahas yang pertama mengenai gestur tubuh. Ada pertanyaan untuk anda-anda pembaca sekalian. Ketika kita mengikuti seminar apakah kita akan lebih tertarik dengan orang yang hanya berdiam diri di depan sambil membacakan materi atau orang yang aktif menggerkakkan anggota badannya dalam menyampaikan materi ? Tentu kebanyakan dari kita akan memilih pemberi materi yang aktif dengan menggerakan anggota tubuhnya. Karena dengan menggerakkan tubuh, kita sebagai audiens akan lebih tertarik terhadap pembicara dan tentunya tidak akan cepat mengantuk. Sehingga akan lebih mengefektifkan kita dalam menyerap materi yang diberikan. Begitupun juga saat kita berhadapan dengan orang lain. Diperlukan gerakan-gerakan khusus agar orang yang berhadapan dengan kita dapat tertarik dengan kita. Hal ini merupakan hal sepele, oleh karena itu jarang diperhatikan oleh setiap orang.

Pada umumnya kesalahan orang-orang dalam berhadapan dengan orang lain adalah ia tidak dapat memosisikan diriya sebagai orang yang hebat dan berwibawa. Ada orang yang terlalu pemalu, ada juga yang terlalu pede sehingga justru lebih terlihat sombong dimata orang lain. Pede boleh, tapi juga harus terlihat berwibawa di mata orang lain. Jika kita ingin menarik di mata orang lain, buatlah diri kita berwibawa terlebih dahulu. Karena dalam melakukan sesuatu, orang berwibawa akan terlihat beda jika dibandingkan orang yang biasa-bisasa saja. Orang yang berwibawa selalu memperhatikan gerak gerik tubuhnya sekecil apapun itu. Lalu bagaimnanakah gestur yang dapat menarik bagi orang lain ??? Mari kita simak penjelasannya.

Yang pertama adalah mulai dari wajah anda. Wajah disini bukan berarti menuju ketampanan anda, tapi lebih ke ekspresi anda saat bertemu orang lain. Pasanglah wajah yang menyenangkan untuk dapat menarik orang lain. Caranya tersenyumlah dan fokuskan pandangan mata anda kepada orang itu ketika anda bertemu dengan orang tersebut. Orang akan suka dengan kita jika kita murah senyum. Dan orang akan merasa cocok dengan kita saat kita memperhatikannya. Bayangkan jika anda sedang berbicara dengan orang lain secara serius namun lawan bicara anda justru cemberut dan matanya kemana mana, seolah-olah ia tidak memperhatikan apa yang anda katakan. Pastinya anda akan jengkel bukan ? Begitulah jika sebaliknya, orang lain akan jengkel terhadap kita jika kita seolah olah tidak memperhatikannya terutama ketika ia sedang berbicara. Jadi buatlah ekspresi wajah anda menyenangkan yaitu dengan murahlah menebar senyum dan fokuskan mata anda pada lawan bicara.
Yang kedua adalah perhatikan langkah anda. Hal ini seakan akan sepele tapi sebenarnya dapat mempengaruhi pandangan orang lain terhadap diri kita. Ada beberapa tipe langkah orang dalam berjalan. Yaitu langkah lebar dan agak cepat, langkah pendek dan cepat, langkah panjang dan lambat, dan yang terakhir langkah pendek dan lambat. Langkah nomor berapa yang biasa anda lakukan ??? Jika anda terbiasa dengan menggunakan langkah tipe satu berarti anda sudah cukup menarik di mata orang saat berjalan. Tapi jika anda memilih nomor dua, tiga, atau empat, berarti anda harus mengubahnya dan mulai membiasakan untuk berjalan seperti tipe yang nomor satu. Kenapa demikian, mari kita bahas satu persatu.

Di langkah yang nomor satu menunjukkan bahwa kita adalah orang yang percaya diri dan tegas. Umumnya para pemimpin pemimpin hebat mempunyai langkah seperti ini, seperti Barrack Obama, Ir. Soekarno, ataupun seorang milyuner seperti Bill Gates. Dengan langkah kaki yang lebar dan agak cepat berarti kita memiliki orientasi untuk segera mencapai tujuan. Orang yang memiliki langkah kaki seperti ini akan terlihat berwibawa di mata orang lain.
Yang kedua adalah langkah kaki yang pendek dan cepat. Tipe orang yang memiliki langkah kaki seperti ini umumnya dia ingin segera menyelesaikan tujuannya, namun ia terkesan terburu buru. Di mata orang lain ini akan menurunkan kewibawaan kita. Karena orang yang hebat selalu melakukan segala sesutau dengan tenang. Tentu kita ingin dipandang sebagai orang hebat yang berwibawa bukan. Berarti mulai sekarang bagi anda yang berjalan seperti tipe nomor dua, harus segera dibiasakan untuk berjalan seperti tipe nomor satu.

Yang ketiga adalah tipe langkah yang panjang dan lambat. Langakah kaki ini menunjukkan kesombongan. Orang yang berjalan seperti ini biasanya adalah orang orang yang sombong yang ingin diperhatikan namun salah cara. Orang lain pastinya tidak menyukai orang yang sombong. Hindari langkah kaki ini jika anda ingin membuat orang lain tertarik kepada diri anda.
Langkah kaki yang keempat adalah langkah kaki yang pendek dan lambat. Langkah kaki ini menunjukkan langkah kaki orang yang malas. Coba kita perhatikan di sekeliling kita, adakah orang yang berjalan seperti tipe ini. Jika ada berarti orang tersebut adalah orang yang malas. Langkah kaki seperti ini menunjukkan orang tersebut orang yang bersantai-santai seakan tidak ada beban dalam hidupnya. Tentu orang lain tidak suka dengan orang yang terlalu bersantai santai. Kembali lagi, orang akan suka kepada orang yang tegas dan berwibawa, jadi hindari langkah kaki ini agar orang lain tertarik dengan kita.

Selain langkah kaki, gestur yang dapat membuat orang lain tertarik dengan kita adalah posisi tubuh dan gerakan-gerakan kecil tangan kita. Hendaknya ketika bertemu dengan orang lain kita memasang badan tegap dengan cara sedikit membusungkan dada dan sedikit mengangkat bahu kita. Namun jangan terlalu berlebihan, karena jika berlebihan akan menimbulkan kesan sombong. Dengan posisi badan seperti ini orang lain akan mengangap kita sebagi orang yang tegas dan tidak lemah. Hal tersebut tentu dapat menarik bagi orang lain.

Lalu ketika kita berbicara dengan orang lain usahakan badan anda mengghadap lawan bicara. Apabila anda duduk bersebelahan posisikan tubuh anda cenderung menghadap ke lawan bicara. Saat kita memposisikan tubuh kita meenghadap lawan bicara, akan terasa lebih dekat secara emosional. Hal itu tentu akan baik dalam membina hubungan dengan orang lain. Selain itu saat anda bicara, ekspresikan apa yang anda bicara dengan menggunakan gerakan  tangan. Jangan pernah menggengam tangan anda sendiri atau memasukkan ke dalam kantong saat anda berbicara dengan orang lain. Hal tersebut akan menimbulkan kesan kurang pede pada diri anda. Selain itu saat berbicara dengan orang lain, jauhkanlah gadget-gadget yang anda miliki. Hal itu akan lebih menghormati lawan bicara anda.
Jika anda sudah dapat meguasai gestur tubuh saat bertemu orang lain, maka langkah awal menimbulkan kesan hebat dan berwibawa anda sudah berhasil. Sekarang tinggal bagaimana anda dapat menjaga hubungan baik dengan orang orang tersebut. Oleh karena itu, anda juga harus tau bagaimana agar tidak menyakiti perasaan orang lain dengan pekataan anda. Justru anda dapat menarik bagi orang lain melalui perkataan anda. Bagaimana caranya ? Simak tips berikut.

Untuk dapat membuat lawan bicara anda tertarik dengan anda, sebenarnya adalah hal yang cukup simpel. Pada intinya jadilah pendengar yang baik. Bicaralah hanya pada saat saat yang tepat saja. Ketika lawan bicara anda bercerita, buatlah diri anda antusias untuk mendengarnya. Posisikan tubuh anda seperti yang telah kita bahas di atas. Orang akan sangat merasa dihargai ketika apa yang dikatakan di dengarkan dan ikut dirasakan oleh orang lain. Dalam hal ini simpati dan empati sangatlah penting. Jangan pernah sekali kali menyela perkataannya saat sedang bicara. Tunggu ia bercerita sampai selesai. Jika ia sudah selesai maka berikan tanggapan yang menunjukkan sikap simpati anda. Tapi jangan memberikan saran atau komentar jika ia tidak memintanya. Tunjukkan saja sikap simpati anda. Seprti contoh seorang istri yang sedang berkeluh kesah tentang suaminya. Dia menceritakn jika suaminya tiap hari selalu sibuk bekerja dna selalu pulang terlambat. Ia merasa bahwa kehidupan bahagia bukan hanya dari segi materiil namun juga waktu bersama keluaraga. Ia ingin mengatakan kepada suaminya tapi tidak berani karena akan melukai perasaan suaminya. Jika anda mendengar keluh kesah seperti itu, tunjukkan rasa simpati anda dengan mengatakan, “sabar ya, pada akhirnya semua pasti akan berjalan baik.”  Hal tersebut akan memberiikan sentuhan emosi kepada wanita tersebut. Jangan pernah memberikan saran yang tidak dibutuhkan, seperti, “Alangkah baiknya jika kamu berbicara kepada suamimu untuk ganti pekerjaan demi keharmonisan rumah tanggamu.” Hal tersebut terdengar sangat halus, namun sebenarnya kurang menyentuh bago orang lain, terutama bagi seorang wanita. (Artikel selanjutnya akan saya sampaikan mengenai perbedaan cara menghadapi pria dan wanita). Jadi disini pada intinya adalah jadilah pendengar yang baik.

Selain itu, saat anda berbicara dengan orang lain juga harus memperhatikan intonasi dan kejelasan lafal anda dalam berkata. Hindari berbicara dengan orang lain dengan nada yang datar-datar saja. Gunakan gerakan ekspresif untuk mendukung intonasi anda saat berbicara. Selain itu saat berbicara dengan orang lain gunakan vokal yang jelas. Jangan sampai si pendengar tidak paham apa yang kita katakan hanya karena pengucapan kita yang tidak jelas. Orang lain akan tertarik dengan apa yang kita bicarakan jika kita menyampaikannya dengan jelas disertai dengan intonasi serta ekspresi yang pas. Jika anda sudah dapat melakukan itu semua, maka anda akan dapat menjaga hubungan baik dengan orang lain dan tentunya menarik di mata orang lain.


Sekian tips dari saya. Silahkan mencoba terhadap rekan kerja, teman, keluarga, ataupun yang lainnya. Teruslah berlatih untuk mengasah kemampuan anda dalam mengatur gestur dan tata bahasa anda. Teknik ini sudah terbukti kehebatannya terhadap setiap orang. Selamat mencoba dan anda akan merasakan manfaatnya saat anda telah menguasainya. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. See you...

0 comments:

Posting Komentar